One thought on “ASUHAN KEPERAWATAN”

  1. Nama : Icca Cahya Ningrum
    Nim : 1317111333038
    Kelas : A-3

    Penilaian efisiensi perawatan kesehatan menggunakan DEA analisis di Republik Slovakia

    URL: Stefko, R.a_Healthcare-efficiency-assessment-using-DEA-analysis-in-the-Slovak-RepublicArticleOpen-Access_2018

    Penilaian efisiensi perawatan kesehatan menggunakan DEA analisis di Republik Slovakia

    Kesenjangan regional menjadi kendala pertumbuhan yang semakin penting. Pembuat kebijakan membutuhkan pengetahuan kuantitatif untuk merancang kebijakan yang efektif dan tepat sasaran. Efisiensi regional fasilitas kesehatan di republic Slowakia pada tahun (2008–2015) diukur menggunakan analisis data amplop (DEA). DEA adalah pendekatan yang dominan menilai efisiensi sistem perawatan kesehatan tetapi juga dibidang ekonomi lainnya. Metode DEA digunakan sebagai dasar untuk mengevaluasi efisiensi teknis perawatan kesehatan di berbagai wilayah dan mengukur perbedaan serta adanya kesenjangan regional yang mendasar. Digunakan untuk mengevaluasi efisiensi teknis perawatan kesehatan di berbagai wilayah ,mengukur perbedaan serta kesenjangan regional yang mendasar.
    Dua input stabil (jumlah tempat tidur, jumlah staf medis), tiga variable input (jumlah semua peralatan medis, jumlah perangkat resonansi magnetik (MR), jumlah yang dihitung tomografi (CT) perangkat) dan dua output stabil (penggunaan tempat tidur, waktu keperawatan rata-rata) dipilih sebagai produksi variabel dalam model jendela yang berorientasi untuk penilaian efisiensi. Database yang digunakan tersedia dari Pusat Informasi Kesehatan Nasional dan Kantor Statistik Slovakia, baik dari database online Slovstat dan DataCube. Metode ini digunkan untuk mengukur dampak dari Variabel Data Envelopment Analysis (DEA) non-standar penggunaan teknologi medis (MR, CT).
    Analisis penyampaian data / Data Envelopment Analysis (DEA) adalah pendekatan nonparametrik dominan untuk mengevaluasi efisiensi Unit Pemberian Keputusan (DMU). DMU dapat mewakili tingkat perawatan kesehatan yang berbeda, termasuk sistem perawatan kesehatan yang lengkap di negara, distrik, rumah sakit, penyedia layanan khusus, departemen, atau dokter perorangan. Bentuk dari batas efisiensi tergantung pada data pengguna dan asumsi yang digunakan (sejenis skala, orientasi input atau output).
    Dalam kasus model berorientasi input, mencoba menemukan tingkat input minimal yang diperlukan untuk menghasilkan tingkat output tertentu. Model berorientasi output, dengan menggunakan tingkat input yang diberikan agar DMU dianggap efektif. Untuk mengevaluasi efisiensi teknis sistem perawatan kesehatan di tingkat wilayah Republik Slovakia, memutuskan menerapkan model berorientasi output, CCR dan BCC, berdasarkan analisis jendela DEA.

    Metode DEA belum mengungkap dampak teknologi kesehatan pada efisiensi perawatan kesehatan, yang mana secara signifikan mengurangi kepentingnya dalam proses mengukur dan mengevaluasi efisiensi di masa depan. Di Slovakia, tidak menggunakan Health Technology Assessment (HTA). Secara eksplisit mengukur hasil kesehatan dan ekonomi dari penggunaannya dengan menetapkan platform untuk pembanding nasional dan internasional. Metode ini sangat penting dalam proses menciptakan stabilisasi dan mekanisme pengaturan dalam sistem kesehatan dan dalam pengembangan kebijakan yang ditargetkan.
    Hasil penggunaan metode ini menunjukkan bahwa ada ketergantungan tidak langsung antara nilai-nilai variabel dari waktu ke waktu dan hasil perkiraan efisiensi di semua wilayah. Daerah-daerah yang memiliki nilai variabel rendah dari waktu ke waktu mencapai tingkat efisiensi yang tinggi dan sebaliknya. Pengetahuan yang yang didapat adalah bahwa penambahan bertahap variabel “jumlah perangkat MR”, “jumlah perangkat CT” dan “jumlah semua perangkat medis” ke sisi input tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap keseluruhan perkiraan efisiensi fasilitas perawatan kesehatan. Kemajuan teknologi dalam beberapa dekade terakhir telah membawa banyak perangkat diagnostik dan terapeutik baru dan praktik perawatan kesehatan yang juga mahal diharapkan memiliki manfaat kesehatan dan ekonomi yang signifikan. Perlu diperhitungkan dalam sistem untuk mengukur dan mengevaluasi efisiensi fasilitas perawatan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Caring-Learning-Sharing-Keperawatan-Perawat