Bagaimana Cara Diindeks oleh Google Scholar

Buat akademisi baik dosen, peneliti, guru atau siapapun yang ingin meningkatkan visibilitas di dunia maya maka diperlukan strategi khusus supaya tulisan kita nampang di google scholar. Kenapa Google Scholar ? tidak google.co.id atau google.com. Seperti slogan google scholar yaitu BERDIRI DI BAHU RAKSASA , tujuan dari mesin pencari ini adalah menyimpan database raksasa dari semua artikel ilmiah yang ada di dunia maya. Selain itu google scholar juga memiliki kriteria sendiri dalam melakukan indexing artikel yang dianggap ilmiah ataupun tidak. Visibilitas di Google Scholar ini juga menjadi parameter dalam penilai ranking peneliti/dosen versi Webometrics. Sehingga sangat penting bagi kita memiliki akun Google Scholar. Kembali lagi ke bagaimana upaya agar kita diindeks oleh google scholar. Langkah berikut ini wajib Anda lakukan:
1. Wajib punya akun e-mail google, kalau Anda sudah punya Anda bisa langsung ke step 2. Setelah sign in Anda klik My Citations.

akun google scholar 1
2. Klik scholar.google.com/citations, isikan berkas pendaftaran sesuai dengan isian yang diminta (Profil, artikel, pembaruan). Setelah itu Anda akan diminta untuk mengisi email institusi Anda (Kebijakan terbaru google), pastikan anda sudah tahu email institusi Anda yang berakhiran ac.id, or.id,org ataupun com.

akun gs 3Note: Pastikan di isian Afiliasi Anda memasukkan NAMA INSTITUSI DILENGKAPI DENGAN KOTA DAN NAMA NEGARA. Begitu juga alamat email sebaiknya menggunakan email institusi, paling bagus adalah email berakhiran ac.id. Setelah itu klik Next.
Pada tahap artikel, google scholar akan mencari semua database yang dipandang google bersifat akademik dan sudah di online kan.

akun gs 4Silahkan anda pilih beberapa artikel yang muncul dan menurut Anda merupakan tulisan Anda. Mohon tidak menambahkan tulisan yang BUKAN TULISAN ANDA.

Tahap terakhir, silahkan setting akun google scholar Anda ke manual, pengalaman penulis banyak tulisan yang bukan karya kita masuk ke gogle scholar kita jika kita pilih otomatis (Jangan pilih Automatically update…).

aun gs 5

Setelah selesai klik Go to my profile dan jangan lupa setting akun google scholar kita ke mode PUBLIC(pilih MAKE IT PUBLIC), penting jangan sampai lupa tahap ini.  Jika Anda mengatur private maka nama Anda tidak bisa diihat oleh orang lain.

akun gs 6

Jika ingin sedikit narsis, ganti fotonya dengan foto Anda di usia 20an :). Google scholar akan mengirimkan email verifikasi ke inbox Anda, segera konfirmasi dengan meng klik email yang dikirimkan.

Bagaimana cara artikel atau tulisan online kita di indeks oleh Google Scholar? Nah itu perlu sesi khusus lagi dan saya tulis di posting yang berbeda (Kalau sempat ya hehe…).
3. Jika sudah selesai maka anda bisa mengetahui berhasil tidaknya dengan masuk ke scholar.google.com dan ketikkan nama anda, jika nama Anda muncul di baris pertama dengan hasil tulisan Anda sendiri maka proses indeksing telah berhasil seperti contoh dibawah ini, selamat mencoba!
Lihat contoh

6 thoughts on “Bagaimana Cara Diindeks oleh Google Scholar”

  1. semoga ini website masih aktif. saya mau tanya ini.

    kalau kita punya jurnal yang tidak online (versi cetak), bagaimana caranya agar bisa ada index nya digoogle scholar?

    terima kasih

Leave a Reply