PEMANFAATAN PROTEIN IMUNOGENIK VIRUS DENGUE SEBAGAI BAHAN VAKSIN SUBUNIT TETRAVALEN YANG AMAN DAN PROTEKTIF

Nur Nailul, Andi Cahyadi, Abdul Gofur
Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya

Abstrak
Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit infeksi oleh virus Dengue yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan nyamuk Aedes albopictus. Kejadian DBD cenderung meningkat antara tahun 1994-1998, meskipun CFR berhasil diturunkan dari 2,5% (1994) menjadi 2% (1998). Pencegahan Dengue diutamakan pada pemberantasan vektor penyakit karena vaksin yang efektif masih belum tersedia. Virus Dengue memiliki fenomena spesifik yaitu antibody dependent enhancement (ADE) sehingga diperlukan pendekatan molekuler virologi untuk menghilangkan hal tersebut.
Virus Dengue termasuk genus Flavivirus, famili Flaviviridae, yang dibedakan menjadi 4 serotipe yaitu DEN 1, DEN 2, DEN 3 dan DEN 4. Virus Dengue memiliki 3 jenis protein struktural yaitu envelope (E), premembrane (prM) dan core (C), serta 7 protein nonstruktural yang terdiri NS 1, NS 2A, NS 2B, NS 3, NS 4, NS 4B, dan NS 5. Urutan imunogenitas protein struktural dalam merangsang antibodi dari tertinggi ke terendah adalah protein E, diikuti protein prM, dan C. Protein nonstruktural yang paling berperan dalam menimbulkan antibodi adalah protein NS 1. Tiap jenis protein virus Dengue memiliki fungsi tersendiri dan tidak semuanya merangsang sistem imun.
Pemanfaatan protein imunogenik struktural dan nonstruktural secara tetravalen sebagai bahan vaksin subunit diharapkan dapat mencegah terjadinya antibody dependent enhancement. Tetravalen dimaksudkan formulasi vaksin berasal dari keempat serotipe sedangkan vaksin subunit berasal dari protein virus yang merupakan bagian dari virus yang dapat merangsang target imun.
Protein E merupakan protein struktural virus Dengue yang memiliki imunogenitas tertinggi dan berpeluang baik sebagai bahan vaksin subunit tetravalen yang aman dan protektif. Prospek pemanfaatan vaksin Dengue dari protein E secara subunit tetravalen sangat baik sehingga dapat mencegah terjadinya dampak lebih lanjut dan mengurangi angka kejadian Demam Berdarah Dengue di masyarakat.

Kata kunci : pencegahan DBD, vaksin subunit tetravalen ,
protein imunogenik virus Dengue, aman dan protektif

One thought on “PEMANFAATAN PROTEIN IMUNOGENIK VIRUS DENGUE SEBAGAI BAHAN VAKSIN SUBUNIT TETRAVALEN YANG AMAN DAN PROTEKTIF”

Leave a Reply