PROGRAM PENEMPATAN PERAWAT INDONESIA KE JEPANG

DEPARTEMEN KESEHATAN RI
BADAN PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN SDM KESEHATAN PUSAT PEMBERDAYAAN PROFESI DAN TENAGA KESEHATAN LUAR NEGERI (PUSPRONAKES LN)

Departemen Kesehatan RI membuka kesempatan bagi Perawat Indonesia untuk bekerja sebagai Perawat di Jepang sebagai realisasi dari kesepakatan G to G dalam kerangka IJEPA (Indonesia Japan Economic Partnership Agreement). Kontrak kerja selama 3 (tahun). Total kuota 400 perawat (untuk tahun 2008-2009)

Angkatan I tahun 2008 berjumlah 104 orang perawat Indonesia telah tiba di Jepang pada tanggal 8 Agustus 2008 dan saat ini sedang mengikuti pelatihan bahasa dan budaya Jepang. Status sementara: candidate nurse .Selama masa kontrak kerja 3 tahun di Jepang para candidat nurse berhak mengikuti ujian RN Jepang (Kangoshi) yang diselenggarakan 1x setahun setiap bulan Februari. Bila lulus ujian maka berhak bekerja sebagai nurse dan kontrak kerjanya akan diperbaharui oleh pihak RS tempatnya bekerja.

Angkatan II direncanakan terpilih 296 perawat untuk ditempatkan ke Jepang tahun 2009. Pendaftaran: sampai dengan 14 Maret 2009 di:

PUSPRONAKES LN DEPKES RI Jln. Wijaya Kusuma Raya No. 48 Cilandak Jakarta Selatan 12430 Telp 021-75914747 (pswt 115,117, 112 dan 102), Fax 021-75914740 Website : www.bppsdmk.depkes.go.id, www.Puspronakesln.org e-mail : puspronakesln@yahoo.com, info@puspronakesln.org

PERSYARATAN UMUM DAN PROSEDUR PENDAFTARAN :

1. Perawat Indonesia, laki-laki dan wanita, usia 23-35 tahun, lulusan D3, D4 dan S1 Keperawatan (Ners) dengan pengalaman kerja di RS sebagai perawat minimal 2 tahun.

2. Good performance (bagi wanita tidak dalam keadaan hamil, bagi pria tidak bertindik dan baik pria & wanita tidak boleh bertato).

3. Berkas yang diperlukan untuk seleksi (berkas rangkap dua dimasukkan dalam map biru) :

a.Fotocopy ijazah dan transkrip nilai akademik yang sudah dilegalisir dalam bhs Indonesia & terjemahan asli dan fotocopy dalam bhs Inggris (dari institusi tempat bekerja/penterjemah resmi).
b.Fotocopy surat keterangan pengalaman kerja minimal 2 tahun dalam bhs Indonesia & terjemahan dalam bhs Inggris (dari institusi tempat bekerja/penterjemah resmi).
c.Fotocopy KTP dan fotocopy paspor yang masih berlaku sekurang-kurangnya 1(satu) tahun (bila ada).
d.Asli Kartu Pencari kerja AK-1/Kartu kuning atau fotocopy yang dilegalisir dari Disnakertrans setempat.
e.Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian(SKCK)
f.Surat asli ijin dari orang tua/wali/suami/istri diketahui oleh Lurah/Kepala Desa dengan meterai Rp.6000.
g.Pasfoto berwarna dengan latar belakang biru ukuran 3x4cm= 6 lembar.
h.Bagi yang masih kerja, mendapatkan izin tertulis dari pimpinan instansi yang berwenang.
i.Mengisi ‘surat pernyataan tidak akan mengundurkan diri’ setelah dinyatakan lulus dalam seleksi penempatan perawat Indonesia ke Jepang.
j.Mengisi Formulir 5 dan biodata peserta di tempat pendaftaran.

info lebih lanjut www.bppsdmk.depkes.go.id

Leave a Reply