SEPUTAR PIK UI 2006

Pagelaran Ilmiah Kampus Universitas Indonesia merupakan kegiatan tahunan yang dihelat oleh Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia guna meningkatkan kemampuan dan kreativitas mahasiswa di bidang penelitian. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, even yang bertaraf nasional ini melibatkan berbagai fakultas yang berkecimpung di kesehatan diantaranya Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Ilmu keperawatan (FIK) dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM).
Kegiatan yang mengambil tema Introduction to Global Research ini menghadirkan 10 finalis yang akan berlaga di aula FKUI. Kesepuluh finalis tersebut antara lain 4 finalis dari Unair, 2 finalis dari UI, 2 finalis dari UK Maranatha, 1 finalis dari Undip dan 1 finalis lagi dari Unhas. Jika dilihat dari kemampuan pesertanya dapat dilihat bahwa wajah-wajah lama masih mendominasi pagelaran ilmiah kampus tersebut. Sehingga dapat ditebak persaingan yang ketat bakal membayangi penjurian kali ini. Karena dari segi pengalaman, ketrampilan membuat karya tulis dan kemampuan presentasi serta berdiskusi setidaknya sudah mereka kuasai.
Acara puncak dari kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 3-5 Maret 2006 ini berakhir dengan kemenangan dari Universitas Airlangga sebagai juara 1 dengan judul penelitian “Studi Komparasi Perilaku Masyarakat dan Kondisi Lingkungan Pada Kejadian DBD di Daerah KLB dengan Non KLB di Surabaya” dengan presentan Ferry Efendi, Achmad Fachrizal dan Mahendra Tri AS. Sedangkan juara kedua diraih oleh Universitas Kristen Maranatha dengan judul penelitian “Efek Toksik Ekstrak Buah Merah (Pandanus Conoideus Lam) Terhadap Kultur Sel Karsinoma” yang dibawakan oleh Thomas Anggara. FKUI sebagai tuan rumah harus puas berada di urutan ketiga dengan judul penelitian “Hasil Penelitian Cross-Sectional Survey Gizi Kurang Balita dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya di Mataram, NTB Tahun 2005” dengan presentan Eva F, Karisma P, Wulan T dan Leovinna W.
Mengingat Pagelaran Ilmiah Kampus UI diselenggarakan secara rutin tiap tahunnya maka hendaknya persiapan lomba dapat dilakukan semenjak dini. Khususnya bagi civitas FK dan FKM untuk mengembangkan kiprah Unair di even-even ilmiah yang bertaraf nasional selanjutnya.

Leave a Reply