Software Anti Plagiat

Ada 2 software anti plagiat yang pernah saya gunakan,viper yang gratisan dan grammarly yang berbayar. Saya coba membahas dulu tentang Viper,viper memang memberikan beberapa kemudahan bagi kita, selain FREE, viper juga cukup bagus dalam menjangkau database yang sudah online dalam berbagai bahasa. Yang perlu dicermati dalam menggunakan viper adalah hasil checking ditunjukkan dalam persen. Seperti dibawah ini:

Overall plagiarism rating 6% or less :
The results are that it is highly unlikely that this document contains plagiarised material. A careful check will only be necessary if this is a lengthy document. For example, a 6% result within a 15,000 word essay would be of concern because it could mean that direct quotes are too lengthy or there are too many places where a reference was not listed.

Overall plagiarism rating 6% – 12% :
The results are that there is a low risk that the document contains any plagiarised material. Most of the matching content will probably be fragments. Review your report for any sections that may not have been referenced properly.

Untuk rating 6% seperti dijelaskan Viper,kita juga harus tetap waspada, karena jika dibandingkan dengan software sejenisnya yaitu grammarly, rate kurang dari 6% tetap dianggap sebagai plagiarism. Saya sendiri menggunakan grammarly dengan versi trial (7 hari) dan hasilnya tetap dianggap plagiat. Kalau menurut saya kelebihan Viper selain free, database yg digunakan multilanguage juga interface yang user friendly. Sedangkan kelemahannya adalah proses checkingnya lebih lama jika dibanding dg grammarly, terkadang juga perlu waktu lama utk connecting ke databasenya. Tapi untuk ukuran gratisan sangat worth it untuk kita pakai. Sedangkan grammarly kelebihannya cepat, database juga lebih komplit dan dashboard sangat simple. Selain itu sesuai dengan namanya dia bisa checking bahasa inggris kita, siap-siap saja kalimat kita dikritisi oleh dia. Oh ya selain itu software ini bisa terintegrasi dengan office word kita, jadi sangat memudahkan. Kelemahannya menurut saya BERBAYAR (hehehe). Bagaimana dengan ithenticate? Saya sendiri belum pernah melihat penampakannya, mohon rekan2 yang sudah pernah menggunakannya berbagi disini

One thought on “Software Anti Plagiat”

Leave a Reply